Facebook Badge
PENGUNJUNG BLOG
Lencana Facebook
dewangga link. Diberdayakan oleh Blogger.
FRIENDSHIP SAYA?
chico oro arsip
-
▼
2011
(52)
- ► 7 Agustus - 14 Agustus (16)
-
►
2013
(2)
- ► 23 Juni - 30 Juni (2)
Selasa, 04 Oktober 2011
KSI (E-COMMERCE)
E-commerce PT. Telkom
Penerapan e-commerce di PT.Telkom Indonesia
Penyedia
layanan e-Commerce di Indonesia baru mencapai 3% meski pengguna
Internet diperkirakan telah mencapai sebanyak 31 juta orang dan 159 juta
orang lainnya Internet berbasis nirkabel. Dengan masih sedikitnya
pemain di e-Commerce maka portal e-Commerce Plasa.Com yang dikelola anak
usaha Telkom PT Metranet diharapkan dapat turut menggairahkan
e-commerce di Tanah Air.
Portal
e-commerce Plasa.com yang dikelola oleh anak perusahaan Telkom PT
Metranet fokus pada penyelenggaraan tiga layanan, yaitu e-Commerce,
Content dan Communication. Portel itu diharapkan dapat mendorong
pertumbuhan pasar, mengembangkan UKM (Usaha Kecil Menengah) dalam negeri
serta meningkatkan enterpreneurship melalui penyediaan platform online
shopping.
Dalam
menyediakan layanan konten, Plasa.com mengembangkan platform sebagai
penghimpun konten (content agregator) serta memungkinkan pelanggan
menikmati beragam konten, termasuk konten hiburan. Sementara itu dalam
layanan Communication, Plasa.com menyediakan berbagai aplikasi seputar
komunikasi online serta beragam fasilitas layanan iklan sebagai media
komunikasi bagi para pebisnis dengan pelanggannya. Telkom telah
melakukan studi banding ke Jepang dan Korea untuk mengembangkan
e-Commerce dengan target mendorong para pelaku UKM yang berada di bawah
binaan Telkom melalui Program Kemitraan untuk bergabung dalam portal
Plasa.com.
Hingga
saat ini Telkom memiliki sekitar 30.000 mitra binaan aktif yang
tersebar di seluruh Indonesia. Badan Usaha Milik Negara itu juga telah
melakukan penandatangan Program Charter yaitu kerja sama antara Telkom
dengan Telkomsel dan Bank Internasional Indonesia (BII) sebagai mitra
penyedia gerbang pembayaran. Selain itu, kerja sama juga menggandeng
Gramedia, Pasar Raya dan Grup Ciputra mewakili para merchant yang
membuka toko di Plasa.com.
Plasa.com adalah salah satu portal online
tertua dan terbesar di Indonesia yang diluncurkan Telkom pertama kali
pada tahun 1998. Selama ini Plasa.com telah memberikan layanan wadah
kepada komunitas online Indonesia melalui layanan email gratis,
web forum, web chat, dan blog. Plasa.com diluncurkan kembali dengan
wajah baru dan fasilitas yang diperbaharui di antaranya dengan
menyediakan fasilitas e-commerce. Melalui penyelenggaraan e-commerce, Mojopia menargetkan untuk dapat mendorong pertumbuhan pasar e-commerce.
Selain itu, layanan ini juga diharapkan ikut membantu mengembangkan
Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dalam negeri, serta meningkatkan jiwa entrepreneurship melalui penyediaan platform online shopping.
Satu
juta pengguna Internet telah mengandalkan internet sebagai tempat
berbelanja, apalagi didorong oleh pertumbuhan internet yang sangat
pesat. Di akhir 2010, Plasa.com mempunyai target sebanyak 1000 merchant
pada akhir 2010. Dalam mengembangkan bisnis ini, Plasa.com memiliki
partner store seperti Gramedia dan Pasaraya, selain itu juga tersedia
Toko Selebriti. Mojopia dan Telkom akan memberikan perhatian dan
dukungan serius terhadap pengembangan UKM di Indonesia. Dengan
pertumbuhan jumlah pengguna internet dan mobile web Indonesia yang
sangat pesat, diharapkan Plasa.com dapat mendorong semangat
kewiraswastaan sebagai sentra jual beli online terbesar di Indonesia. Brand promise Mojopia adalah educate, enrich, empower, artinya Mojopia membuat Plasa.com sebagai platform e-commerce dengan tujuan untuk memunculkan entrepreneur-entrepreneur Indonesia.
3.2. Manfaat dari penerapan e-commerce di PT.Telkom Indonesia
Dalam
bidang perdagangan, internet mulai banyak dimanfaatkan sebagi media
aktivitas bisnis karena lebih efisien. Aktivitas perdagangan melalui
media internet ini popular dengan electronic commerce (e-commerce). Di
Indonesia, e-commerce mulai dikenal pada tahun 1996, meski belum terlalu
populer, pada tahun 1996 tersebut mulai bermunculan berbagai situs yang
melakukan e-commerce. Sepanjang tahun 1997-1998 keberadaan e-commerce
di Indonesia sedikit terabaikan karena krisis ekonomi. Setelah melewati
krisis ekonomi di tahun 1999 hingga sekarang e-commerce semakin lama
semakin memiliki daya tarik tersendiri karena keefisienan dan
kenyamanannya. Kenyamanan dalam artian apa yang sulit atau tidak munkin
dilakukan sebelumnya menjadi mungkin dengan e-commerce.
Di
Indonesia, peluang e-commerce untuk berkembang kelihatannya cukup
besar. Karena Indonesia adalah negara berkembang, melihat kenyataan
bahwa Indonesia adalah negara berkembang maka secara logis akan terjadi
persaingan besar-besaran untuk membuat sesuatu dan persaingan itu dapat
memberi manfaat bagi masyarakat, khususnya manfaat bagi pengguna
internet dan peluang berkembangnya e-commerce.
Secara
umumnya, E-COMMERCE merupakan aktivitas perdagangan melalui media
internet. Dengan adanya EC ini banyak sekali manfaat atau keuntungan
yang dihasilkannya. Manfaat atau keuntungan ini terbagi menjadi tiga
obyek, yaitu manffat bagi konsumen, manfaat bagi masyarakat dan manfaat
bagi bisnis. Berikut ini penjelasannya.
3.2.1. Manfaat e-commerce bagi konsumen
- Electronic commerce memungkinkan pelanggan untuk berbelanja atau melakukan transaksi lain selama 24 jam sehari sepanjang tahun dari hampir setiap lokasi.
- Electronic commerce meemberikan lebih banyak pilihan kepada pelanggan; mereka bisa memilih berbagai produk dari banyak vendor.
- Electronic commerce menyediakan produk-produk dan jasa yang tidak mahal kepada pelanggan dengan cara mengunjungi banyak tempat dan melakukan perbandingan secara cepat.
- Dalam beberapa kasus, khususnya pada produk-produk yang digitized, EC menjadikan pengiriman menjadi sangat cepat.
- Pelanggan bisa menerima informasi relevan secara detail dalam hitungan detik, bukan lagi hari atau minggi.
- Electronic commerce memungkinkan partisipasi dalam pelelangan maya (virtual auction).
- Electronic commerce memberi tempat bagi para pelanggan untuk berinteraksi dengan pelanggan lain di electronic community dan bertukar pikiran serta berbagai pengalaman.
- Electronic commerce memudahkan persaingan, yang pada akhirnya akan menghasilkan diskon secara substansial.
3.2.2. Manfaat e-commerce bagi masyarakat
- Electronic commerce memungkinkan orang untuk bekerja di dalam rumah dan tidak banyak keluar untuk berbelanja, akibatnya ini akan menurunkan arus kepadatan lalu lintas di jalan serta mengurangi polusi udara.
- Elctronic commerce memungkinkan sejumlah barang dagangan dijual dengan harga lebih rendah, sehingga orang yang kurang mampu bisa membeli lebih banyak dan meningkatkan taraf hidup mereka.
- Electronic commerce memungkinkan orang di negara-negara Dunia ketiga dan wilayah pedesan untuk menikmati aneka produk dan jasa yang akan susah mereka dapatkan tanpa EC. Ini juga termasuk peluang untuk belajar berprofesi serta mendapatkan gelar akademik.
- Electronic commerce memfasilitasi layanan publik, seperti perawatan kesehatan, pendidikan, dan pemerataan layanan sosial yang dilaksanakan pemerintah dengan biaya yang lebih rendah, dan / atau dengan kualitas yang lebih baik. Layanan perawatan kesehatan, misalnya, bisa menajangkau pasien di daerah pedesaan.
3.2.3 Manfaat e-commerce bagi bisnis
- Perusahaan-perusahaan dapat menjangkau pelanggan diseluruh dunia. Oleh karena itu dengan memperluas bisnis mereka, sama saja dengan meningkatkan keuntungan.
- e-commerce menawarkan pengurangan sejumlah biaya tambahan. Sebuah perusahaan yang melakukan bisnis diinternet akan mengurangi biaya tambahan karena biaya tersebut tidak digunakan untuk gedung dan pelayanan pelanggan (customer service), jika dibandingkan dengan jenis bisnis tradisional.
3.3. Kendala dalam penerapan e-commerce di PT.Telkom Indonesia
Kita
tahu pada dasarnya electronic commerce (e-commerce) adalah sarana
pemasaran yang menggunakan media elektronik (internet), jadi hal yang
sangat kita butuhkan adalah layanan dan akses internet. Keterbatasan
akses internet akan menghambat perkembangan e-commerce, hal yang dulu
mengakibatkan terabainya e-commerce, namun sekarang kita dapat merasakan
efek perkembangan internet di Indonesia, akses internet semakin murah
dan cepat, ini terjadi karena persaingan antar provider, dan justru hal
inilah yang akan meningkatkan jumlah pengguna internet. Kemudian
beberapa hal yang juga membuat kita optimis akan berkembangnya
e-commerce adalah dukungan dari sektor perbankan yang telah menyediakan
fasilitas internet banking yang akan mempercepat proses transaksi,
selanjutnya semakin murah biaya web hosting dan mudahnya membangun situs
e-commerce.
Adapun
hal-hal yang menjadi permasalahan dan menghambat perkembangan
e-commerce di Indonesia adalah kebiasaan, masyarakat kita belum terbiasa
untuk melakukan transaksi di dunia maya. Kita terbiasa untuk melihat
dan merasakan secara langsung apa yang akan kita beli. Padahal kita
dapat membeli benda-benda tersebut tanpa harus melihatnya secara fisik.
Masalah
selanjutnya adalah dari sekian banyak pengguna internet di Indonesia
kemungkinan masih banyak yang belum pernah bertransaksi melalui internet
karena belum percaya akan keamanan transaksi. Apalagi dengan sering
terjadinya penipuan di dunia nyata. Selanjutnya masalah dari belum
jelasnya hukum di dunia digital, seperti bagaimana itu uang digital,
tanda tangan digital dan bagaimana hukum yang berlaku jika terjadi
kejahatan.
Jadi
perkembangan e-commerce di Indonesia harus didukung juga oleh adanya
peraturan yang dapat melindungi konsumen dari kerugian yang disebabkan
penipuan dan berbagai potensi kerugian lainnya. Sehingga kegiatan
e-commerce dapat dilakukan secara aman dan nyaman.
Langganan:
Postingan (Atom)
TEMAN STIKOM
About Me
- Unknown